Arti Dari Rungkad Dalam Bahasa Indonesia Adalah

 Arti Dari Rungkad Dalam Bahasa Indonesia Adalah - membuat beberapa orang ingin tahu. Istilah 'rungkad sayang' terakhir ramai dibincangkan selesai artis TikTok asal Pangandaran membuat content video dengan istilah itu.


Dalam upload lain, ia menjelaskan 'rungkad siti'. Warganet lalu menanyakan apakah arti rungkad yang sebetulnya. Masalahnya istilah itu kedengar asing untuk mereka.





Digabungkan dari beragam sumber, Senin (27/6/2022), secara harfiah rungkad maknanya remuk, roboh, dan hancur berkeping-keping. Istilah ini datang dari bahasa Sunda untuk memvisualisasikan hati seorang yang tidak baik saja.


Kata rungkad saat ini sedang terkenal dan jadi bahasa gaul di kelompok masyarakat milenial. Lantas, apa sebetulnya arti dan makna kata rungkad? Berikut penjelasannya.


Rungkad dalam Bahasa Sunda dan bahasa gaul mempunyai makna berlainan dengan arti yang serupa. Keseluruhannya, kata ini mengartikan satu hal yang jelek pada keadaannya.


Rungkad atau disebutkan dengan Rongkad sebetulnya datang dari Bahasa Sunda. Tetapi, jika ditranslate ke Bahasa Indonesia, mempunyai makna roboh sampai akar-akarnya tercabut.


Walau juga sebetulnya rungkad ini maknanya ambruk, tetapi dengan bahasa gaul sebagai perumpamaan, di mana seorang lagi ada pada suatu permasalahan. Bila dikonotasikan dalam pernyataan lain, istilah rungkad sayang mempunyai makna sama dengan ambyar dengan bahasa Jawa.


Baca Juga :


Bukan hanya masalah pertalian cinta, istilah ini bisa juga dipakai untuk keadaan lain seperti permasalahan usaha, keuangan, dan lain-lain. Misalkan, saat seorang sedang putus cinta, ia dapat menjelaskan 'rungkad sayang'. Misalnya, "Ditinggalkeun kabogoh, rungkad sayang" (ditinggal pacar, remuk saya).


Pada keadaan lain, saat seorang sedang jalani usaha selanjutnya tidak berhasil, ia bisa juga ucapkan kata 'rungkad sayang'. Istilah ini sering dipakai untuk memvisualisasikan hatinya yang remuk dan tidak memiliki daya.


Selainnya keadaan yang disebut sebelumnya, istilah rungkad bisa juga dipakai dalam kerangka lain. Misalkan untuk memvisualisasikan pohon yang roboh, orang Sunda biasa memakai kata rungkad.


Contoh, "Tangkis kalapa rungkad ku angin" (pohon kelapa roboh oleh angin) dan "Tangkis kalapa teh rungkad-nya, sampai tanehna oge berantakan" (Pohon kelapanya roboh sampai tanahnya juga berantakan).


Antiknya, istilah rungkad yang dipakai di luar kerangka arti sebenarnya ini dipandang terlalu berlebih. Seringkali musuh berbicara menganggap sebagai gurauan atau lelucon semata-mata seperti si artis TikTok yang membuat content dengan istilah ini. Karakter dan gesturnya yang jenaka membuat istilah rungkad jadi populer.