Arti Dari HD Adalah - Pengertian HD Pada Video

 Di dunia Videografi kita kerap dengar istilah istilah yang terkadang kita tahu tujuannya tetapi tidak pahami apakah arti yang sebetulnya dari istilah istilah itu. Misalnya istilah-istilah "SD" "HD" "FHD" "UHD" dan "4K" istilah itu dipakai untuk memperlihatkan kualitas resolusi dari sebuah Video.



HD Adalah

HD adalah Istilah untuk menyebutkan resolusi tinggi pada tv dan camera dan sistem broadcasting. Pada make up, panggilan ini dipakai untuk tehnik dan produk yang hendak hasilkan penampilan mulus dan tanpa cela pada monitor monitor. Warna dapat dipengaruhi oleh HD, misalkan warna merah.

Baca Juga :

Sekarang ini, nampaknya beberapa dari kita yang mulai akrab dengan video. Beberapa bahkan juga mempelajari videografi untuk membikin content youtube atau untuk kebutuhan lainnya. Berbicara videografi, ada beberapa istilah yang memikat buat diulas. Beberapa dari kita kemungkinan telah akrab, dan beberapa lainnya mungkin bertanya dengan istilah itu. Berikut istilah berkaitan dengan videografi itu:

1. Standar Definition Video ( SD)

Standar Definiton Video ialah posisi yang terendah dari jejeran kualitas rekaman video. Mempunyai kualitas gambar 480p, video tipe ini bisa direkam oleh rerata camera. Video tipe ini bisa diputar pada monitor dengan resolusi 720 x 480 x 30 fps (Frame per Second), resolusi yang telah jarang-jarang diketemukan pada jaman ini. Monitor atau TV yang bisa tampilkan kualitas ini disebutkan SDTV.

2. High Definition Video ( HD)

High Definition Video atau HD Video ialah kualitas video yang semakin tinggi dibanding SD Video. Mempunyai kualitas gambar di atas 480p atau 720p. Tipe video ini bisa diputar pada monitor dengan resolusi 1.280 x 720 pixels x 30 fps. Rerata monitor atau TV sekarang ini telah memakai resolusi ini dan bisa tampilkan penampilan HD. Monitor atau TV yang bisa tampilkan HD Video disebutkan HDTV.

3. Full HD Video ( FHD)

Full HD atau Full High Definition Video ialah kualitas video yang telah semakin tinggi di atas rerata video yang memakai kualitas HD. Mempunyai kualitas gambar yang sangatlah baik, yakni 1080p. Full HD Video bisa diperlihatkan pada monitor dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Monitor atau TV sekarang ini mulai memakai kualitas ini, tetapi harga masih berkesan tinggi.

4. Ultra HD Video ( UHD)

Ultra High Definition atau UHD Video sebagai perubahan tehnologi saat ini yang sangat hebat. Mempunyai kualitas gambar yang lebih tajam dan warna yang diperlihatkan juga lebih riil. Gambar yang diperlihatkan mempunyai kualitas 2160p. Monitor yang bisa tampilkan kualitas UHD sebaiknya mempunyai resolusi 3.840 x 2.160 pixels dengan Frame Rate yang semakin tinggi. Ukuran resolusi yang tinggi sekali (sekitaran 2 x Full HD TV) hingga tipe video ini disebutkan Quad HD.

5. 4K Video ( 4K)

Sebagai perubahan dari UHD Video. Mempunyai kualitas gambar yang serupa dengan UHD Video. Tetapi monitor yang dipakai untuk tampilkan video tipe ini mempunyai resolusi di atas 4.000 yakni 4.096 x 2.160 pixels.

Monitor dengan resolusi yang semakin tinggi dibanding tipe video yang lebih rendah masih tetap bisa memutar video itu. Tetapi tidak bisa diperlihatkan dengan siaran full screen. Bila diperlihatkan dengan full screen karena itu gambar yang ada akan pecah atau jadi kabur.

Resolusi tampilan:

HD1366x768
HD+1600x900
FHD1920x1080
WQHD2560x1440
WQXGA2560x1600
QHD3200 × 1800
UHD3840 × 2160
Lihat Komentar